Banyak Lansia Belanja On-line Sejak Pandemi Covid

  • February 15, 2021

Seperti yang dikeluhkan penjual smartphone di pusat perbelanjaan Jakarta. Mereka serempak berpendapat bahwa toko on-line menjadi biang kerok penjualan offline yang sepi. Berbeda dengan toko online, kamu cukup mencari barang dari komputer atau handphone, mengecek ketersediaan, lalu melakukan transaksi, cukup dengan beberapa menit saja, di mana pun kamu berada. Jadi, kalau barang yang kamu cari pun tidak tersedia di situs on-line, setidaknya kamu tidak rugi waktu, tenaga, dan uang. Jadi toko online itu tidak hanya menguntungkan pemilik toko saja, tapi juga pembeli. Selama transaksi bisa dilakukan dengan nyaman dan aman, toko on-line akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Apakah harus beralih ke toko online

Hal ini telah dilakukan Amazon.com di tiga toko buku mereka di di pantai barat. Membatasi berinteraksi di ruang terbuka, masyarakat akan mencari cara alternatif untuk bisa memenuhi kebutuhannya tanpa harus keluar. Di Cina, saat puncak infeksi Covid-19, belanja online menjadi pilihan. Sekarang hal yang sama terjadi di Indonesia, terbukti dengan transaksi e-commerce di Indonesia yang meningkat.

Contoh dari proses virtualisasi ini tidak hanya terjadi dari aspek perdagangan yaitu e-commerce, tetapi juga aspek lain seperti e-learning dan e-government. Sebagus apa pun produk kamu, jika tidak ada orang yang tahu, pasti akan percuma juga. Marketing membuat produkmu lebih banyak dikenal sekaligus membangun model kamu sesuai citra yang kamu harapkan. Jika penggunaan advertising terlalu berat untuk usaha online kamu yang masih baru akan dimulai, kita sebut saja dengan promosi ya.

Di fb, instagram dan group wa adalah media yang tepat untuk Kamu mempromosikan website toko online Kamu. Semakin banyak yang berkunjung, pasti semakin banyak pula pelanggan yang datang. Jangan lupa untuk menggunakan emblem dan gambar banner yang menarik dalam promosi Kamu. Dalam promosi, perlu Kamu ketahui juga media sosial mana yang sedang ramai. Sehingga Kamu dapat lebih memaksimalkan media sosial tersebut untuk berpromosi. Tetapi bukan berarti Kamu harus mengesampingkan media online yang lain.

Tetapi, Amazon Alexa, menurut dokumentasi itu, dikritisi kalau ia adalah sebuah alat yang mengontrol seluk-beluk gerakan dan aktivitas manusia di rumah. Pekerja-pekerja di Amazon, khususnya di tempat kerja seperti di Amazon warehouse, juga diperlakukan tidak adil. Di sisi lain, Pemerintah Singapura pada Jumat (23/7) mengumumkan paket bantuan senilai Sin$ 1,1 miliar (US$ 808 juta) untuk membantu para pelaku usaha dan pekerja yang terkena dampak pembatasan terbaru Covid. Jangan lupa pula untuk memperhatikan kesejahteraan staff-staff Anda sehingga mereka pun tidak dengan berat hati melayani para pelanggan yang singgah di toko Anda. Ingatlah bahwa employees Anda adalah bagian dari tim untuk membawa bisnis Anda sesuai dengan harapan. Ambil contoh sebuah department store ikonik dan mewah asal London, mereka memiliki filosofi di mana mereka tidak harus mengatakan “tidak” kepada para pelanggan.

Gunawan mengatakan salah satu alternatif untuk menjaga konsumsi masyarakat tetap tinggi tanpa harus berkerumun adalah belanja di marketplace. Dia mengimbau agar masyarakat di tengah situasi penularan pandemi Covid-19 yang masih tinggi, untuk menghindari kerumunan seperti pasar, diganti dengan berbelanja di marketplace. Untuk marketplace sendiri, salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis online adalah Shopee.

Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance , Aviliani menilai, bisnis ritel memang sudah seharusnya melakukan inovasi dan antisipasi dengan tren yang berkembang. Menurutnya, jika pengusaha tidak mampu mengantisipasi perubahan gaya hidup, maka bisnisnya akan mati. Apalagi 4% angkatan kerja atau penduduk usia produktif merupakan generasi milenial yang sudah fasih digital.

Sirueta

E-mail : admin@tvschoenfilm.com